Mengenal Buah Tin

Mengenal Buah Tin – Buah tin (Ficus carica L.) termasuk famili Moraceae, ordo Rosales dan kelas Magnoliopsida. Pada umumnya tanaman tin dapat tumbuh hingga 9 m dengan batang lunak berwarna abu-abu, tetapi spesies Ficus carica berpohon kecil. Daunnya besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping. Buah tin sebenarnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae).

Mengenal Buah Tin

Mengenal Buah Tin, apa itu tin

Tanaman tin dapat tumbuh di Asia Tenggara, toleran terhadap kekeringan dan suhu dingin (-9 0 C), tetapi tetap membutuhkan unsur-unsur hara yang optimal untuk menjaga mutu buahnya. Tanaman tin dapat meningkatkan kesuburan tanah.
Dalam pertumbuhannya membutuhkan pencahayaan sebagian atau penuh,kelembaban rata-rata sampai dengan kering.

Buah tin berukuran panjang 3-5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon tin dapat mengiritasi kulit. Buah tin memiliki rasa dan aroma yang agak mirip dengan jambu biji. Aromanya harum, teksturnya empuk, rasanya kesat dan manis, sedikit mengandung air dan berbiji banyak. Di dalam rongga mulut akan timbul sensasi menyenangkan karena biji-biji kecilnya yang tergigit.

Buah tin berasal dari Asia Barat, tumbuh di daerah pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Argentina, Amerika Serikat, dan lain-lain. Penggunaannya sangat bervariasi. Buah muda biasa dikonsumsi sebagai olahan sayur, dimasak dengan aneka daging atau campuran selada. Selain itu, ara dapat dijadikan juice, campuran pudding, isi cake, manisan
kering atau dikalengkan dalam sirup gula, selai, jelly, jam, maupun marmalade. Jika sudah tua dan matang buah tin sangat lezat dikonsumsi langsung (forestry.about.com/od/silviculture/p/fig.htm, 23 Maret 2009).

Pesan Bibit Tin